Dalam rangka mendukung pencapaian Visi Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat yakni : terwujudnya pemenuhan hak-hak dasar masyarakat yang berkeadilan menuju Kabupaten Sumbawa Barat sejahtera berlandaskan gotong-royongdan Misi ke-1 yakni, “Mewujudkan  pembangunan  yang partisipatif danresponsif berlandaskan nilai-nilai agama, kearifan lokal, musyawarah mufakat dan gotong royong. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumbawa Barat sebagai penyelenggara urusan pemerintahan wajib yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar bidang pemberdayaan masyarakat dan desa menetapkan visi sebagai berikut:

“Terwujudnya Kemandirian Masyarakat dan Desa dalam Pelayanan, Pembangunan dan Pemberdayaan yang berlandaskan Gotong Royong”

Makna yang terkandung dalam visi tersebut adalah :

      1. Kemandirian Masyarakat dan Desa, merupakan kondisi masyarakat dan desa yang mampu menjalani kehidupan sosial budaya dan ekonomi dengan kemampuan sendiri serta memiliki kesadaran bersama dalam mencapai tujuan bersama.
      2. Pelayanan, Pembangunan dan Pemberdayaan, merupakan tujuan diselenggarakannya pemerintahan desa/lokal untuk mewujudkan masyarakat dan desa yang sejahtera.
      3. Gotong-royong, merupakan semangat dalam melayani, membangun dan memberdayakan atas dasar mufakat dan musyawarah melalui partisipasi dan swadaya masyarakat dan desa.

Untuk mewujudkan visi tersebut di atas, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sumbawa Barat menetapkan 4 (empat) Misi. Misi tersebut sebagai berikut :

  1. Meningkatkan keberdayaan dan kemandirian ekonomi masyarakat;
  2. Mengembangkan partisipasi dan swadaya masyarakat dalam membangun desa berlandaskan gotong-royong;
  3. Mewujudkan tata kelola desa yang baik dengan semangat ikhlas, jujur dan sungguh-sungguh;
  4. Mewujudkan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa sebagai unit organisasi yang berintegritas dan profesional.