TALIWANG—Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M membuca secara resmi kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa/TMMD ke-101 Tahun 2018 di  Lapangan Desa Ai Kangkung, Rabu pagi (4/03/2018).

Pembukaan TMMD yang akan dilaksanakan di Desa Ai Kangkung, Kecamatan Sekongkang wilayah Kodim 1607/Sumbawa ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati usai upacara pembukaan. Dalam upacara, Bupati bertindak sebagai inspektur upacara. Bupati melaksanakan pemeriksaan pasukan hingga menyerahkan sarana kontak secara simbolis kepada satu orang anggota TNI dan anggota Satlinmas berupa satu sak semen dan satu unit sekop.

Komandan satuan tugas/Dansatgas TMMD ke-101 Tahun 2018 selaku Komandan distrik militer/Dandim 1607/Sumbawa, Letkol ARM Sumanto S.Sos dalam laporan singkatnya dalam upacara pembukaan menyampaikan, TMMD akan dilaksanakan selama 30 hari, dimulai tanggal 4 April 2018 sampai dengan tanggal 3 Mei 2018.

Kegiatan yang dilaksanakan pada TMMD adalah, kegiatan fisik berupa pembuatan jalan usaha tani panjang 4.000 m dan lebar 6 meter. Pembuatan pagar Pura sepanjang 126 m, rehab Musholla ukuran 10,5 x 10,5 m, pemasangan talut irigasi sepanjang 800 m. Pembangunan pos kamling sebanyak empat buah, pembuatan duiker sebanyak 3 buah. Pembuatan MCK ukuran 3×2 m sebanyak 4 buah dan pembuatantempat wudhu Musholla ukuran 2×4 m.

Sementara sasaran non fisik dengan melaksanakan kegiatan, penyuluhan bidang agama, PPBN, Kamtibmas dan Narkoba, Pertanian dan Perkebunan. Penyuluhan Bidang pendidikan, Bidang hukum, Bidang Lingkungan Hidup, Keluarga Berencana, Bidnag Kesehatan dan Bidang Perternakan.

TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga betapa pentingnya dan luar biasanya semangat gotong royong membangun bangsa. Semua bahu membahu, memberikan sumbangan pikiran, gagasan, sumbangan tenaga dan keterampilan dalam pembangunan, pembangunan yang dilaksanakan di setiap desa di seluruh penjuru tanah air Indonesia termasuk di KSB. TMMD bukan hanya program lintas sektoral antara TNI dengan Pemerintah. lebih dari itu, TMMD menyatukan TNI dengan rakyat, memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat, memperkokoh bahwa ‘’bersama rakyat TNI kuat’’.

Sebanyak 150 atau 1 satuan setingkat kompi anggota TNI, ditambah unsur Pemerintah KSB, Polri, Kejaksaan, Pengadilan Agama dan unsur lainnya bersama masyarakat desa Ai Kangkung terlibat dalam TMMD dengan pagu anggaran RP. 1.750.000.000,- dari Pemda KSB dan Rp. 180.675.000,- dari TNI ini.

Pemerintah ksb mengharapkan, indikator keberhasilan kegiatan TMMD tidak hanya terbangunnya infrastruktur semata. Namun yang terpenting adalah sasaran non fisik, yakni membantu pemerintah dalam upaya pemberian pencerahan ideologi kepada masyarakat guna mencegah tumbuh dan berkembangnya paham radikal di KSB. Selanjutnya TMMD mampu melestarikan dan meningkatkan budaya gotong royong di tengah masyarakat, serta mampu membangun mental rakyat, agar rakyat memiliki mental ikhlas, jujur dan sungguh-sungguh.

Usai upacara pembukaan, Bupati yang didampingi Ketua TP-PKK KSB, Hj. Hanifah Musyafirin, S.Pt, Kasi Teritorial Korem 162/WB, Dandim 1607/Sumbawa, Kapolres Sumbawa Barat, para Asisten, Kepala OPD, Kepala Bagian Setda KSB, Manajeman PT. AMNT dan tamu lainnya melakukan peninjauan jalan usaha tani yang akan dibangun pelaksana TMMD. Di lokasi jalan usaha tani tidak jauh dari Pura Desa Ai Kangkung, Bupati dan Istri serta pejabat lainnya menyempatkan berfoto bersama dengan latar panorama pantai, tebing dan samudra Hindia. Peninjauan dilanjutkan ke Mushalla Al-Mursalat di Dusun Ai Betak yang direhab.(Humas & Protokol)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here